Fabulous June – July 2012: Strong Decision

Keputusan paling “menyeramkan” dan “mendebarkan” bagi saya pada tahun 2012 hingga tulisan ini dibuat adalah keputusan “ini”. Mempertimbangkannya dimulai sejak bulan Januari-Februari, seiring dengan keputusan saya untuk menjalani operasi patah tulang di pertengahan Januari. Memutuskannya melibatkan orang tua sejak dulu yang dengan dahsyat memberikan masukan-masukan dan membantu dalam menopang keputusan saya. Keputusan yang tidak umum bagi mahasiswa tingkat akhir seperti saya, di saat yang lainnya merasakan ketegangan dan euforia.

MENUNDA KELULUSAN, ya itulah keputusan saya. Hal ini terpikir sejak saya menjalani 2 dari 3 rangkaian tugas akhir, yaitu penelitian dan rancangan pabrik. Dari apa yang telah saya jalani, saya merasakan ketidakpuasan terhadap ilmu yang sudah saya peroleh. Sebagai seorang calon junior engineer, saya merasa ilmu saya masih belum mumpuni. Dan saya juga merasa mengalami penyimpangan dari cita-cita yang saya targetkan dari apa yang saya pelajari. Karena saya ingin menjadi professional engineer namun saya belum mendapatkan feel perancangan dan segala tetek bengeknya yang mungkin sudah dirasakan oleh teman-teman saya yang lain.

Saya jadi mengevaluasi keputusan saya terdahulu untuk memasuki subjur Teknologi Pangan, subjurusan baru yang masih dalam tahap perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Minat saya ke sana karena potensi utama Indonesia adalah potensi maritim dan agraria yang menggelitik bagi saya. Menggelitik karena masih belum berkembang teknologinya dan mungkin membutuhkan kejelian seorang insinyur kimia. Namun mungkin ini sebuah evaluasi bagi prodi saya yang sempat saya sampaikan kepada dosen pembimbing saya. Bahwa output yang dihasilkan dari program pengembangan subjur TP ini mesih belum jelas. Apakah nantinya diharapkan mampu mengembangkan produk-produk pangan, yang notabene lebih dikuasai jurusan yang fokus di universitas lain, seperti teknologi pangan ataukah mengembangkan proses-proses kimia untuk memproduksi bahan-bahan pendukung industri pangan. Ya, jadilah saya begitu merasa menjadi calon sarjana yang masih setengah-setengah. Pun demikian, saya sendiri berterima kasih terhadap subjur TP karena telah memberikan banyak wawasan dan pandangan bagi saya.

Di samping itu, keputusan saya untuk menunda kelulusan juga dipengaruhi oleh kondisi tangan saya yang masih dalam tahap penyembuhan. Saya khawatir apabila saya melakukan operasi pelepasan pen di tengah-tengah saya bekerja nanti akan mengganggu saya. Sepertinya akan lebih baik bila masa penyembuhan dilakukan di tengah status saya sebagai mahasiswa.

After all, saya sebetulnya merasa sedikit senang, karena keputusan saya ini bukan karena saya tersangkut kasus-kasus akademik. TA tinggal seminar dan ujian komprehensif. IP saya, yaaa, alhamduliLlah cukup lah. Jadi saat ini yang harus saya jalani adalah menyempurnakan apa yang ingin saya dapat dan saya peroleh selama status masih mahasiswa. Dosen wali saya pun mengamini. “Silakan mencari ilmu lebih banyak, anda masih punya waktu”, begitu kata beliau. Dan akhirnya, mari menjalani tingkat akhir plus plus ini dengan sepenuhnya. Bersenang-senang sepenuhnya, menjalin relasi sepenuhnya, dan belajar sepenuhnya.

Hidup itu penuh dengan persimpangan. Terlalu lama berhenti di persimpangan akan menyusahkan diri sendiri dan orang lain, nggak jalan-jalan dan bikin lalu lintas macet. Terlalu cepat mengambil keputusan bisa bikin tersesat atau bisa-bisa menabrak kendaraan lain. Saya masih belum tahu bagaimana mengambil keputusan setepat-tepatnya dan sebenar-benarnya. Namanya saja manusia yang baru belajar.

Tentang Estuyu

Estu Yuris Priangga Jakarta, 8 Oktober 1990 Teknik Kimia ITB angkatan 2008
Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

5 Balasan ke Fabulous June – July 2012: Strong Decision

  1. adimrf berkata:

    semangat broo!
    urang juga (walaupun emangnanti juli) mau fasttrack dulu, masih ngerasa ga bisa ninggalin kampus ini, hehe

Tinggalkan Balasan

