Fabulous June – July 2012 : Kerja Praktek (3)

BAGIAN III: PERTEMANAN

GENG PKL UNYU:

Ya, ini adalah segerombolan orang mahasiswa-mahasiswa tua tingkat akhir yang gila karena pekerjaan-pekerjaan di tempat KP (atau orang-orang menyebutnya PKL). Isinya saya dan Reinaldo dari Teknik Kimia ITB, Devy dari Teknik Industri ITB, Maria dari Teknologi Pangan Universitas Pelita Harapan, Marco dan Allan dari Manajemen Universitas Parahyangan, dan duo gila tukang iseng tukang ngocol tukang ngerjain orang kerjaan gak pernah beres Egi dan Ikhsan dari Teknologi Pangan Universitas Sahid. Kami adalah geng yang mendedikasikan sebulan PKL kami untuk menggali nilai-nilai kehidupan selain hal-hal teknik dan akademik, yaitu berteman, bersosial (baca: bergaul), ilmu kehidupan (ngelantur ke mana-mana), dan trik menyiasati hidup (ngerjain orang, ngeles dari orang-orang pabrik, dan main-main di kantin bayar). Bersama-sama kami memiliki visi untuk menghapuskan kegiatan-kegiatan membosankan dan melelahkan dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang kadang tidak sesuai aturan.

Reinaldo adalah orang serius dengan IP di atas rata-rata yang kerjaannya baca buku atau ngerjain laporan, orang yang paling susah diajak “nakal”. Devy, anak bule ITB yang kelakuannya bagaikan bocah yang baru masuk kelompok bermain (playgroup), membawa temannya yang jadi bunga PKL, Jessica dari Teknik Industri ITB. Marco dan Allan, duo gay, yang telat mulu karena mandinya kelamaan. Marco orang yang polos saat dipanggil A Liong dan saya minta bikin laporan ini itu. Allan, orang apes ketemu manajer laki-laki yang sepertinya punya “affair” dengan dirinya. Maria, yang tiba-tiba dipanggil “Mei Mei” (salah satu tokoh serial “Upin dan Ipin”), cewek UPH yang tampil selalu modis dan feminin, beda dengan Devy anak teknik yang tampil apa adanya. Dan terakhir si Egi sang penggombal dan Ikhsan “Ucup” yang jadi otak dan inspirasi segala bentuk kemalasan dan tindakan melawan “hukum”. Egi usil parah sangat klop dengan Ikhsan (hanya Tuhan dan dirinya yang tau kenapa dia dipanggil “Ucup”) dalam hal ngusilin orang.

Dari mereka saya mendapatkan banyak hal berharga di sela-sela rutinitas: HIBURAN. Walaupun saya akui sangat susah sekali untuk menyatukan mereka menjadi tim yang kompak untuk mengerjakan tugas. Tim saya adalah Ucup dan Marco, dan saya yang paling pusing saat ada tugas membuat laporan dan data ini-itu. Yah, dari situ saya belajar untuk bekerja dengan orang-orang berlatar belakang (jauh) berbeda dengan pace kerja yang kadang begitu timpang.

KARYAWAN-KARYAWAN BOGASARI JAKARTA:

Tidak hanya membimbing dan mengajari secara formal, mereka juga mengajarkan banyak pengalaman hidup. Satu hal yang harus dipelajari pada saat sudah masuk ke lingkungan kerja adalah membuat teman sebanyak mungkin dan tahu menempatkan diri sesuai kondisi, santai saat santai dan serius saat kerja. Dan tidak usah ambil pusing, ngobrol mah ngobrol aja, selaw. hehehe..

Di sini pula saya dapat ilmu hidup berharga dari Pak Agus, karyawan di ruang deputi sumber segala musik rock di ruangan dan mantan aktivis 98. Pembimbing pertama kami, Mas Sigit dari Departemen Silo. Beliau sepertinya karyawan termuda di Bogasari dan melayani pertanyaan-pertanyaan kami walaupun nggak ada hubungannya dengan pabrik.

Dan pengalaman paling joss adalah saat berdebat dengan salah satu karyawan (lupa namanya) mengenai buat apa ibadah banyak-banyak, ibadah seperlunya saja, dosa-dosa “kecil” gak masalah, asalkan tobat sebelum mati. Begitu enteng beliau bilang seperti itu, namun segera saya timpali, “iya kalau kita tahu kapan kita mati, masalahnya nggak ada yang tahu kapan kita mati”. Beliau pun terdiam dan tersenyum saja. Dan berikutnya saya sering bertemu beliau di masjid membaca buku-buku agama. Sepertinya saya sedang dites…

Dan karyawan-karyawan lain yang menyambut kami dengan ceria tiap pagi hari namun wajah agak datar karena kecapaian di sore hari.

REKAN PKL DARI SMK di KOS-KOSAN

Selain mahasiswa, peserta PKL di Bogasari juga adalah siswa-siswa SMK mulai jurusan tata boga hingga jurusan teknik mesin. Kebetulan saya tinggal sekosan dengan 4 orang siswa SMK jurusan teknologi hasil pertanian dari SMK Cibadak, Sukabumi. Namanya adalah Hilman, Agri, Nunung, dan Julia. Dan di kosan saya menjadi orang tertua dan mungkin di-abang-kan oleh mereka. Agak lucu juga menjadi kakak dari anak setingkat SMA. Tiap malam mendengarkan curhatan masalah pekerjaan di kantor atau pengalaman di sekolah saat mereka diomel-omeli (dari situ saya mengerti bahwa dunia kuliner itu adalah dunia yang begitu keras). Kadang-kadang lucu juga melayani anak-anak yang nama FB-nya pun masih alay dan tiba-tiba galau. Kalau saya bosan dengan makanan warteg, saya selalu mengajak makan di luar atau sekedar membelikan martabak manis rasa keju.

Pengalaman saya ke PRJ pun mengajak Hilman dan Julia. Walaupun saat pulang kemalaman dan tidak mendapatkan taksi saya ngomel-ngomel tidak jelas. Sayangnya janji saya untuk mengajak berkeliling Jakarta, ke Monas dan kawasan wisata kota tua tidak kesampaian, karena saya keburu pulang. Dan saat saya pulang, Hilman dan Julia membawakan dua batang coklat sebagai oleh-oleh. Terima kasih adik-adik SMK.

Memang, pelajaran terbesar dari kerja praktek ini dalah pertemanan…

Tentang Estuyu

Estu Yuris Priangga Jakarta, 8 Oktober 1990 Teknik Kimia ITB angkatan 2008
Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

7 Balasan ke Fabulous June – July 2012 : Kerja Praktek (3)

  1. uny berkata:

    assalamualiakum bang..
    kenalan dulu sebelumnya, aq uny..
    aq mau minta tolong neh,,aq berniat pkl di bogasari juli tahun ini. aq boleh minta cntac person bogasari yang bisa aq hubungin ga bang untuk mempermudah aq mengajukan lamaran PKL ke bogasari.
    Abang yang sudah PKL disana mungkin bisa ngasih info dan petunjuknya…
    Terimakasih sebelumnya untuk bantuannya..

  2. uny berkata:

    sory,,,
    hehehe mksud na blue111uny@gmail.com

  3. dian berkata:

    alamaaaak!!
    dunia bneran kecil..
    egi+ikhsan ‘ucup’ itu senior saya di sahid!!
    saya skrg br mw cari tmp utk pkl🙂
    bagi2 info nya dooong..😉

Tinggalkan Balasan

