HIMATEK ITB

Tugas perguruan tinggi adalah membentuk manusia susila dan demokrat yang:

  1. Memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakatnya
  2. Cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan
  3. Cakap memangku jabatan dan pekerjaan dalam masyarakat

Muhammad Hatta-

Begitulah harapan seorang Muhammad Hatta, seorang founding father Indonesia akan harapannya terhadap perguruan tinggi di Indonesia. Demi mewujudkan tujuan mulia tersebut, berdasarkan penafsiran konsepsi keluarga mahasiswa ITB menyatakan bahwa pendidikan formal perkuliahan saja tidak cukup. Untuk itulah dibentuk suatu struktur organisasi mahasiswa ITB dengan himpunan mahasiswa jurusan sebagai basis massa dan tolak ukur utama kaderisasinya. Sesuai dengan jurusan yang saya ambil (Teknik Kimia) maka pergerakan saya dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB yang ingin saya bahas berikut ini. Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB berdiri pada tanggal 26 September 1952. HIMATEK ITB menjunjung asas Indonesia yaitu Pancasila dan bergerak berdasarkan keprofesian, bersifat mandiri dan independen. Tujuan didirikannya HIMATEK ITB ada tiga (berdasarkan AD/ART) yaitu:

  1. Ikut mengupayakan tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran ilmu dan teknologi kimia di Program Studi Institut Teknologi Bandung
  2. Mengembangkan sikap profesionalisme mahasiswa teknik kimia sedini mungkin dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui ragam aktivitas himpunan yang menunjang himpunan ke arah pembinaan profesi teknik kimia
  3. Memberikan corak bagi dinamika dunia kemahasiswaan di Indonesia dengan mempertahankan sikap kritis, rasional, terbuka, mental kepeloporan, dan idealisme dalam menghadapi segala permasalahan bangsa dan negara

Tujuan-tujuan tersebut menunjukkan adanya korelasi yang selaras dengan tujuan perguruan tinggi. Pada dasarnya, keluaran atau produk utama dari himpunan adalah manusia, manusia yang pada suatu saat nanti siap menjawab tantangan-tantangan bangsa di masa depan serta memiliki kepekaan dan kekritisan terhadap kondisi masyarakat. Pada akhirnya menciptakan masyarakat yang “madani” yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai karakter sarjana seutuhnya yang diharapkan diimplementasikan dalam berbagai kegiatan dan program kerja yang dilaksanakan. Secara umum kegiatan yang dijalankan oleh HIMATEK terbagi menjadi bidang pengembangan sumber daya manusia, keprofesian dan pengabdian masyarakat, dinamisasi internal, dan hubungan ekstra organisasi. Kegiatan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan antara lain penyambutan anggota baru, latihan kepemimpinan dan organisasi, training for trainer, serta propaganda budaya positif. Basis gerakan HIMATEK adalah keprofesian, sehingga ketrampilan dan wawasan keprofesian juga dikembangkan dalam bentuk kajian-kajian. Pengabdian masyarakat yang dilakukan pun didorong ke arah penerapan keilmuan teknik kimia yang tepat guna. Kegiatan dinamisasi internal dilakukan untuk mempererat kekeluargaan dan memberi semangat beraktivitas, antara lain, syukuran wisuda, olahraga bersama, maupun perayaan hari besar nasional. Kegiatan hubungan eksternal pun dijalankan dalam berbagai bentuk seperti temu alumni serta peran serta dalam kegiatan bersama Keluarga Mahasiswa ITB. Semua kegiatan di atas dilakukan untuk mendukung proses kaderisasi HIMATEK ITB.

Selain itu, terdapat satu agenda besar HIMATEK yang sudah berjalan sejak tahun 1996, yaitu Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional. Rancang Pabrik merupakan mata kuliah yang mengintegrasikan kuliah-kuliah yang ada di Prodi Teknik Kimia ITB dan suatu prestis bagi Process Engineer. Kegiatan ini merupakan lomba yang mengompetisikan ide-ide rancangan pabrik dari mahasiswa-mahasiswa teknik kimia se-Indonesia dengan harapan timbul ide-ide untuk mengolah sumber daya Indonesia dengan lebih baik serta meningkatkan kualitas sarjana teknik kimia Indonesia.

Identitas yang paling mudah dikenali dari Himatek adalah jaket himpunan berwarna hitam dengan dua garis putih di lengan kanan. Warna hitam dipilih karena netral. Dua garis putih melambangkan profesionalisme dan harmoni. Lambang HIMATEK terpasang di atas dua garis berbentuk dasar oval, melambangkan dunia, serta warna biru kehijauan melambangkan orientasi proses yang ramah lingkungan. Tulisan ChE merupakan singkatan dari Chemical Engineering, berwarna emas yang menandakan value yang terus bertambah serta berbentuk siluet jaringan pabrik sebagai lingkungan teknik kimia.

Demikian sekilas profil HIMATEK ITB, semoga HIMATEK ITB dapat selalu memberikan sumbangsih bagi bangsa dan dunia, utamanya melalui kader-kadernya.

Jayalah HIMATEK-ku, merdeka Indonesia-ku..!!

Tentang Estuyu

Estu Yuris Priangga Jakarta, 8 Oktober 1990 Teknik Kimia ITB angkatan 2008
Pos ini dipublikasikan di Sekitar. Tandai permalink.

2 Balasan ke HIMATEK ITB

  1. masukitb berkata:

    Halo Estu,Tulisan Anda bagus sekali. Mahasiswa ITB juga kan ? Wah🙂

    Jika berkenan meluangkan waktu dan pengalamannya, mohon bisa dibagi di web user generated http://www.masukitb.com.

    masukitb adalah tampilan kehidupan Kampus Ganesha ITB, wadah bertanya, berdiskusi, dan berinteraksi, antara para mahasiswa atau alumni ITB, dengan para pelajar yang berminat menjadi bagian dari komunitas ITB.

    Kami berharap, Anda mau berbagi dengan pelajar dari seluruh Indonesia, yang berminat masuk ITB.

    Terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s